8 Mar 2016

Alasan Kenapa Keukeuh Resign dari ODP Bank

Sebelum ane lupa, tadi sore tetiba aku kedatangan tamu. Sebut saja namanya Denny, padahal emang itu namanya. Dia cerita kalau kemaren pas ngobrol-ngobrol sama Bapak (Bos red.) dia sempat berujar, Ria itu gak sayang apa sama masa depannya dia. Karirnya masih panjang.
Denny pun nambahin, mending kamu pikir-pikir lagi deh. Udah enak loh di sini. Kamu gak eman-eman po?, pertanyaan polos yang sempat aku dengar.
Jelas eman-eman bangett, pake dobel dobel T, Bangettttttt, aku jawab. Bayangin aja Den, aku nglepas keamanan finansial aku tiap bulan. Gimana kagak eman eman tuh, gaji yang gak sedikit ukuran UMR, masih jauh di atasnya.
Lha terus ngopo kok metu?
Susah kalau masalah keyakinan mah, ngelesku.
Wah, aku perlu sering-sering baca blog mu neh. Sambil ngeloyor pergi.

Terlepas dari ceritanya benar atau tidak tetang obrolan sama pak mister bos, tapi sempet jadi catatan juga.
Kalau mungkin sekedar gak nyaman, ya emang gak nyaman, tapi itu bukan alasan yang cukup kuat untuk ngorbanin itu semua.
Soal jam kerja atau waktu bersama keluarga, aku bisa aja sok cuek bebek pulang jam lima sore berangkat jam 8 pagi, seperti yang sudah-sudah dan menjadi bahan gosip di kantor. Bisa aja dibikin gitu.
Atau ngelihat tingkah anak anak buah yang pada ilang muka and berusaha cari-cari muka sama atasan, injek bawahan, itu juga aku bisa cuek bebek. Sampai dilaporin ke pemimpin wilayah atau tanda tangan surat pernyataan, itu juga oke aja. Boleh dong sombong dikit, emang yang boleh sombong yang punya ekspansi segunung aja. Gue berhak juga dong. awakakakaka.

Ya kejadian kayak gini sebenernya bukan hal yang pertama, awal tahun 2014 ane udah pernah bilang mau mundur dari dunia gelap ini secara lisan ke pemimpin. Tapi ada saja yang akhirnya saya urungkan niat itu. Kembali menempelkan pantat di kursi panas ini.
Bedanya sekarang yang bikin keukeuh untuk tegas move out gegara temen ane tuh yang nyadar-nyadarin soal agama. Bukannya sok suci, tapi emang udah suci sih. Hahah kan udah berwudu. Padahal yang kasih tahu aja masih di sonoh. Masih anteng di dalamnya. Bahahaha pis gus.

Mungkin setelah punya baby, merenungnya lebih dalem lagi. Dari dalam hati yang paling dalam, aku ragu. Apakah alasan-alasan yang aku ungkapkan ke orang lain yang dulunya bilang jangan kerja di Bank itu bakalan diterima sama Tuhan. Dulu pun sebelum masuk Bank banyak yang ingetin, bahkan diri aku sendiri aku ingetin. Tapi aku terlalu pintar bermain lidah dan logika sehingga keputusan aku untuk mencari penghasilan dari sini seakan-akan keterpaksaan. Seperti tidak berdaya dan pasrah untuk kerja di dalamnya.
Banyak alasan yang menurut saya dan orang lain sangat masuk akal sehingga akan berkata, oh iya deh. Gitu.
Gak tahu kadang kepikir kalau seumur hidup aku sampai tua di sini, terus aku mati, ketemu Alloh. Apa iya Alloh juga mau terima legitimasi yang aku sampaikan. Iya kalau diterima, kalau kagak??
Hidup sampai mati di sini, kerja juga kayak orang gila, gaji lumayan tapi anehnya gak ada yang nyantol kecuali utang, anak makan dari gajiku juga, terus giliran mati susah, pulang ke akhirat masih sengsara. Oh My God. Gak kebayang dah.
Terus terang selama kurang lebih lima tahun ini banyak juga yang aku beli dan belanjain. Hahaha tapi utangnya masih bejibun aja. Wekawekaweka.
Dari sebab keraguan dan ketidakpedean aku itulah, mudah-mudahan aku memantapkan tekad untuk berhijrah walaupun keadaan tidak serta merta menjadi mudah. Jelas butuh perjuangan lagi, bukak lahan baru lagi, dan jatuh bangun lagi.
Tapi itulah hijrah! Karena hijrah tidak pernah mudah! Kalau mudah semua sudah berhijrah!!
x