22 Apr 2019

My Smart Japan Boss

Oke, hari ini jadwal guwe nulis. Apapun, karena aku berusaha mendisiplinkan diri untuk ngeblog. Untuk vlog? bentar ya, masih ada waktu satu minggu sampai dengan deadline.

Cerita apakah? hm... i am confusing myself by the way.
Gimana kalau aku nulis tentang kerjaanku sekarang setelah pergi meninggalkan kerjaan sebagai Relationship Manager di salah satu bank pelat merah. (Pelat?? atau plat?? ah whatever)
Yang penasaran bagaimana cara ku bisa masuk ke PMA Jepang yang ada di Indonesia, bisa ketik di kolom komen yah.

Oke, sebenernya aku sudah posting ini di halaman fb, tapi berhubung berjuta orang ingin melihat, aku posting juga di blog ini ya. Maklum kl di halaman fb kan kagak public.



My Smart Boss
ada beberapa hal menarik ketika berhubungan langsung dengan orang orang jepang,
kebetulan saya skg bekerja di perusahaan asing (terserah kalau mau dibilang antek asing) hahaha.
mereka biasanya baru belajar bahasa inggris kalau ada keperluannya, misalkan seperti bos bos sy krn penempatan di Indonesia, mereka dikursuskan bahasa inggris dalam waktu sebulan. bayangin, sebulan men. kita dari smp (eh kl skg mungkin dari sd ya).

1. Mereka sperti punya kalkulator dalam kepala. bberapa kali kita bahas kerjaan yang isinya angka, mereka cukup merem ga sampe 2 detik mrk tau angka bahkan sampe 2 angka di belakang koma. ya mungkin ga semuanya.

2. Mereka ga paham kl d Indonesia umumnya nge judge orang lewat pakaian atau atribut nya, semisal ketika akan ada pengadaan kendaraan, mrk ga ngeh kl avanza dan innova atau bahkan alphard berpengaruh terhadap opini partner mrk yg asli Indo. Kendaraan operasional mrk di Jepang sekelas Karimu*. weh

3. Kesannya pelit
sebenernya ga juga, mrk itu smw kudu ada dasarnya ketika mengeluarkan duit. Pernah ak beli penghapus whiteboard, 2 biji, yg satu nya di cancel dong. hahaha. knp harus dua? satu aja cukup. Padahal mnrtku itu buat back up, krn kadang suka ilang, Mungkin mrk ga pernah ngilangin penghapus, jadi satu biji dpake sampe rusak.

4. Ada tunjangan entertainment
jangan salah, untuk menjalin hubungan yang baik, mereka ada budget khusus loh buat nraktir atau bikin party. dan setiap ada orang baru dateng, atau orang resign tuh mrk bikin party. ga tanggung2. budgetnya gede, ya relatif sih ya. mnrtku si gede kalau dibandingin ketika mrk membeli barang buat kantor yang harus ada bla bli blu nya. 

5. Perut mereka rerata sensitif
gue ga ngeh nih, kenapanya, tp kebanyakan bosku tuh makan ya dari restoran, ga mau warungan apalagi gerobakan. dia bilang kl nasgor 20rb itu murah beut. yah dia ga tau kl ada nasgor 10rb d depan kantor. pernah ada bos yg makan nasgor, besoknya ga masuk krn sakit. dan itu kejadian ga cm sekali. kebetulan atasan langsungku orangnya dicap badak, ga pernah flu atau turun staminanya. dan makan apa aja bahkan makan pedes OK.tp ttp aja ga mau makan warungan. wlpn sbnere ktika dia pesen go food, ada juga yang dari warung hahahaha.

6. Sejauh ini mrk sngt sngat sopan, terutama ke wanita ya. mrk ga mau kontak langsung, atau kl papasan di lorong kantor, ada tuh yang sampe nempel nempel ke tembok (kaya video clip nya reza artha mevia yang judulnya "pertama") biar ga nempel pisan. Telisik punya telisik, ternyata mrk sangat menjaga pasal "sexual harashment" krn di Jepang hukmannya lumayan berat.

7. Apa lagi ya? banyak kisah lucu si sbnernya. Pernah bosku ikut meeting sama customer yg notabene di daerah Jawa Tengah. e pas pulang kaminya udah mo keluar , dia bilang "maturnuwuuun"
sontak kami ketawa, krn sbnere kita udah biasa pake bahasa indo. wkwkwk.

8. Dan di awal awal bosku di sini, dia kan ga mau ngrepotin jd dia pesen taksi sendiri. Lah krn lokasi kantornya agak susah ditemukan, si driver telepon pake bahasa indo, dianya bingung. akirnya kami yang bantuin.
tp yang aku salut, dia nanyain gimana ngejelasin k driver lokasi kantor kita. Yang dia inget inget cukup bberapa kta yang sekiranya bakal dia sampekan k driver : misalkan :
- halo
- saya di depan ....
- seberang optik ....
- terima kasih.
udah habis itu dia bisa apa apa sendiri.
kebayang dong susahnya jadi dia, bahasa beda, ga smw bs bahasa inggris, dia harus tahu juga bahasa indo, kdg ktmu org yg nanyain pake bhs jawa. terus hurufnya beda. angkanya beda, mata uangnya beda. pas bayar harus ngitung exchange rate nya. heleh2
tunggu cerita ane berikutnya y